--

Friday 10 October 2014

SMS Banking vs SMS Notifikasi

SMS Banking vs SMS Notifikasi

E-banking adalah jasa atau produk perbankan yang menggunakan media elektronik (Komputer, laptop, PDA, ATM, Telepon, HP) dan saluran komunikasi interaktif, sehingga nasabah dapat melakukan transaksi bisnis, mengakses rekening, mendapatkan informasi produk dan jasa bank melalu jaringan pribadi atau publik, termasuk juga internet. Perlu diketahui juga bahwa semua bank papan atas memiliki kecanggihan teknologi yang merata, sehingga produk E-Banking yang dimiliki juga sama, namun tetap ada perbedaan, yaitu dari sisi layanan dan luasnya jaringan yang mereka miliki.
E-Banking dalam dunia perbankan mempunyai fitur-fitur tersendiri , yaitu :
1. SMS Banking, pengembangan dari Phone Banking yang menyediakan layanan transaksi perbankan melalui HP dengan perintah SMS. Beberapa bank seperti BCA, BRI dan Mandiri menyediakan master menu ini pada layanan Blackberry ataupun Play Store Android, sehingga dengan mudah nasabah dapat mengunduhnya sendiri melalui smartphone atau pun handphone. Karena seperti di kutip dalam kompasiana si penulis menggunakan SMS Banking milik BRI, maka dapat diberikan contoh fitur yang tersedia pada SMS Banking BRI, yaitu : Informasi Saldo, Informasi Tagihan PLN, Informasi Tagihan Telkom, Info Pinjaman, Info Tagihan Halo, Infor Tiket, Infor Pendidikan, Info Cicilan, Transfer Rekening BRI, Pembelian Pulsa (untuk semua operator prabayar), Pembayaran KK ANZ, Pembayaran KTA ABN Amro, Pembayaran Kartu Kredit BRI, Pembayaran Kartu Kredit Bank Lain/KTA Citibank, Pembayaran KTA SCB, Pembayaran KTA HSBC, Pembayaran Zakat YBM BRI, Pembayaran Zakat Dompet Dhuafa, Pembayaran Infaq YBM BRI, Pembayaran Infaq Dompet Dhuafa, Pembayaran PLN, Pembayaran Telepon, Pembayaran Kartu Hallo, Pembayaran TV Prabayar, Pembayaran PDAM dan masih banyak lainnya,anda bisa lihat pada situs resmi BRI Mobile.

2. Internet Banking, pada Internet Banking ini tersedia layanan perbankan melalui internet dengan menggunakan laptop, komputer, PDA atau Handphone. Fitur transaksi yang disediakan biasanya seputar informasi produk/jasa perbankan, informasi saldo, transfer antar bank maupun transfer antar rekening di dalam bank itu sendiri, pembelian (vouher, tiket, dsb), pembayaran (PLN, Kartu Kredit, PDAM, Telepon, dsb). Kelebihan dari fitur-fitur layanan ini, nasabah tidak perlu datang ke bank untuk melakukan transaksi sesuai fitur yang disediakannya. Jika menggunakan laptop, komputer atau PDA maka tampilan menu dan informasi terpampang secara lengkap di layar.
3. Phone Banking, merupakan fasilitas yang dapat dinikmati oleh nasabah untuk melakukan transaksi dengan bank melalui telepon. Layanan ini memberikan keharusan kepada nasabah untuk berinteraksi dengan Customer Service Operator Bank. Ada beberapa kata kunci yang digunakan oleh pihak bank untuk melayani transaksi ini, seperti menanyakan nama gadis ibu kandung, besaran transaksi terakhir, tanggal lahir nasabah, nomor hp yang didaftarkan dan sebagainya. Pada awalnya layanan ini hanya menyediakan informas saja, namun perkembangan terakhir sudah dapat melakukan transaksi pemindahbukuan atau transfer antar rekening, pembayaran dan pembelian dan lain-lain.
4. ATM, dalam bahasa Inggrisnya “Automated Teller Machine” atau “Anjungan Tunai Mandiri” jika di bahasakan Indonesia, ini adalah saluran e-Banking paling populer yang kita kenal. Setiap kita pasti mempunyai kartu ATM dan menggunakan fasilitas ATM. Fitur tradisional ATM adalah untuk mengetahui informasi saldo dan melakukan penarikan tunai. Dalam perkembangannya, fitur ATM semakin bertambah yang memungkinkan untuk melakukan pemindahbukuan antar rekening, pembayaran (a.l. kartu kredit, listrik, dan telepon), pembelian (a.l. voucher dan tiket), dan yang terkini transfer ke bank lain (dalam satu switching jaringan ATM). Selain bertransaksi melalui mesin ATM, kartu ATM dapat pula digunakan untuk berbelanja di tempat perbelanjaan, berfungsi sebagai kartu debit. Bila kita mengenal ATM sebagai mesin untuk mengambil uang, belakangan muncul pula ATM yang dapat menerima setoran uang, yang dikenal pula sebagai Cash Deposit Machine/CDM. Layaklah bila ATM disebut sebagai mesin sejuta umat dan segala bisa, karena ragam fitur dan kemudahan penggunaannya.
5. SMS Notifikasi, yaitu Fasilita berupa pemberitahuan kepada nasabah Bank atas kegiatan transaksi yang dilakukan melalui media SMS ke nomor handphone yang telah didaftarkan sebelumnya. Setiap transaksi yang terjadi pada rekening nasabah yang sudah didaftarkan SMS Notifikasi akan mendapatkan SMS pemberitahuan dari bank. Keuntungan mendapatkan SMS Notifikasi, nasabah akan segera mengetahui transaksi apa saja yang terjadi pada rekeningnya. Banyak keuntungan yang didapat dari fasilitas ini, antara lain : sebagai pengingat transaksi yang sudah dilakukan, jika ada setoran masuk ke rekening otomatis segera diketahui, demikian juga sebaliknya jika ada pengambilan sejumlah uang tertentu, maka dapat diketahui langsung. Intinya, semua transaksi yang terjadi pada rekening tersebut akan sampai kepada pemilik rekening. Ini juga sebagai fasilitas keamanan bagi nasabah yang tidak punya waktu untuk menghitung jumlah uangnya di bank jika terjadi seperti kasus Melinda Dee.

Namun demikian dibalik semua keuntungan dan keunggulan yang ditawarkan oleh layanan E-Banking tersebut tetap saja terdapat kelemahan. Maka dari itu tips-tips yang perlu diperhatikan oleh nasabah penikmat layanan E-Banking adalah :
1. Semua transaksi yang terjadi dengan menggunakan kartu ATM sudah menjadi tanggung jawab nasabah sepenuhnya. Oleh sebab itu jangan sekali-kali memberitahukan PIN dan menyerahkan kartu ATM kepada orang lain, termasuk anggota keluarga terdekat. Karena banyak kejadian, justru yang menjadi pelaku adalah anak, isteri, suami atau orang yang sehari-harinya keberadaannya di dekat nasabah itu sendiri.
2. Biasakan mengganti PIN secara berkala, misalnya seminggu sekali atau paling lama sebulan sekali.
3. Jangan membiarkan Handphone yang sudah terintegrasi dengan layanan perbankan seperti SMS Banking atau Internet Banking berpindah tangan ke orang lain, atau diletakkan sembarangan, sementara PIN anda sudah diketahui atau gampang ditebak.
4. Biasakanlah melakukan logout pada laptop atau komputer setelah menjalankan transaksi Internet Banking.
5. Lakukan penghapusan message yang didapat dari transaksi SMS Banking atau Internet Banking.
6. Apabila Handphone atau SIMCardnya hilang agar segera melaporkan ke pihak bank agar melalui layanan Call Centre, contoh BRI di 14017 (layanan bebas pulsa). Bank akan segera memblokir rekening agar tidak terjadi kejahatan perbankan.


Post by : Rony Sutiyanto

No comments:

Post a Comment