E-banking adalah
jasa atau produk perbankan yang menggunakan media elektronik (Komputer, laptop,
PDA, ATM, Telepon, HP) dan saluran komunikasi interaktif, sehingga nasabah
dapat melakukan transaksi bisnis, mengakses rekening, mendapatkan informasi
produk dan jasa bank melalu jaringan pribadi atau publik, termasuk juga
internet. Perlu diketahui juga bahwa semua bank papan atas memiliki kecanggihan
teknologi yang merata, sehingga produk E-Banking yang dimiliki juga sama, namun
tetap ada perbedaan, yaitu dari sisi layanan dan luasnya jaringan yang mereka
miliki.
E-Banking dalam dunia perbankan
mempunyai fitur-fitur tersendiri , yaitu :
1. SMS Banking, pengembangan dari Phone Banking yang menyediakan
layanan transaksi perbankan melalui HP dengan perintah SMS. Beberapa bank
seperti BCA, BRI dan Mandiri menyediakan master menu ini pada layanan Blackberry
ataupun Play Store Android, sehingga dengan mudah nasabah dapat mengunduhnya
sendiri melalui smartphone atau pun handphone. Karena seperti di kutip dalam
kompasiana si penulis menggunakan SMS Banking milik BRI, maka dapat diberikan
contoh fitur yang tersedia pada SMS Banking BRI, yaitu : Informasi Saldo,
Informasi Tagihan PLN, Informasi Tagihan Telkom, Info Pinjaman, Info Tagihan
Halo, Infor Tiket, Infor Pendidikan, Info Cicilan, Transfer Rekening BRI,
Pembelian Pulsa (untuk semua operator prabayar), Pembayaran KK ANZ, Pembayaran
KTA ABN Amro, Pembayaran Kartu Kredit BRI, Pembayaran Kartu Kredit Bank
Lain/KTA Citibank, Pembayaran KTA SCB, Pembayaran KTA HSBC, Pembayaran Zakat
YBM BRI, Pembayaran Zakat Dompet Dhuafa, Pembayaran Infaq YBM BRI, Pembayaran
Infaq Dompet Dhuafa, Pembayaran PLN, Pembayaran Telepon, Pembayaran Kartu
Hallo, Pembayaran TV Prabayar, Pembayaran PDAM dan masih banyak lainnya,anda
bisa lihat pada situs resmi BRI Mobile.
2. Internet Banking, pada Internet Banking ini tersedia layanan
perbankan melalui internet dengan menggunakan laptop, komputer, PDA atau
Handphone. Fitur transaksi yang disediakan biasanya seputar informasi
produk/jasa perbankan, informasi saldo, transfer antar bank maupun transfer
antar rekening di dalam bank itu sendiri, pembelian (vouher, tiket, dsb),
pembayaran (PLN, Kartu Kredit, PDAM, Telepon, dsb). Kelebihan dari fitur-fitur layanan
ini, nasabah tidak perlu datang ke bank untuk melakukan transaksi sesuai fitur
yang disediakannya. Jika menggunakan laptop, komputer atau PDA maka tampilan
menu dan informasi terpampang secara lengkap di layar.
3. Phone Banking, merupakan fasilitas yang dapat dinikmati oleh nasabah
untuk melakukan transaksi dengan bank melalui telepon. Layanan ini memberikan
keharusan kepada nasabah untuk berinteraksi dengan Customer Service Operator
Bank. Ada beberapa kata kunci yang digunakan oleh pihak bank untuk melayani transaksi
ini, seperti menanyakan nama gadis ibu kandung, besaran transaksi terakhir,
tanggal lahir nasabah, nomor hp yang didaftarkan dan sebagainya. Pada awalnya
layanan ini hanya menyediakan informas saja, namun perkembangan terakhir sudah
dapat melakukan transaksi pemindahbukuan atau transfer antar rekening,
pembayaran dan pembelian dan lain-lain.
4. ATM, dalam bahasa Inggrisnya “Automated Teller Machine” atau “Anjungan
Tunai Mandiri” jika di bahasakan Indonesia, ini adalah saluran e-Banking paling
populer yang kita kenal. Setiap kita pasti mempunyai kartu ATM dan menggunakan
fasilitas ATM. Fitur tradisional ATM adalah untuk mengetahui informasi saldo
dan melakukan penarikan tunai. Dalam perkembangannya, fitur ATM semakin
bertambah yang memungkinkan untuk melakukan pemindahbukuan antar rekening,
pembayaran (a.l. kartu kredit, listrik, dan telepon), pembelian (a.l. voucher
dan tiket), dan yang terkini transfer ke bank lain (dalam satu switching
jaringan ATM). Selain bertransaksi melalui mesin ATM, kartu ATM dapat pula
digunakan untuk berbelanja di tempat perbelanjaan, berfungsi sebagai kartu
debit. Bila kita mengenal ATM sebagai mesin untuk mengambil uang, belakangan
muncul pula ATM yang dapat menerima setoran uang, yang dikenal pula sebagai
Cash Deposit Machine/CDM. Layaklah bila ATM disebut sebagai mesin sejuta umat
dan segala bisa, karena ragam fitur dan kemudahan penggunaannya.
5. SMS Notifikasi, yaitu Fasilita berupa pemberitahuan kepada
nasabah Bank atas kegiatan transaksi yang dilakukan melalui media SMS ke nomor
handphone yang telah didaftarkan sebelumnya. Setiap transaksi yang terjadi pada
rekening nasabah yang sudah didaftarkan SMS Notifikasi akan mendapatkan SMS
pemberitahuan dari bank. Keuntungan mendapatkan SMS Notifikasi, nasabah akan
segera mengetahui transaksi apa saja yang terjadi pada rekeningnya. Banyak
keuntungan yang didapat dari fasilitas ini, antara lain : sebagai pengingat
transaksi yang sudah dilakukan, jika ada setoran masuk ke rekening otomatis
segera diketahui, demikian juga sebaliknya jika ada pengambilan sejumlah uang
tertentu, maka dapat diketahui langsung. Intinya, semua transaksi yang terjadi
pada rekening tersebut akan sampai kepada pemilik rekening. Ini juga sebagai
fasilitas keamanan bagi nasabah yang tidak punya waktu untuk menghitung jumlah
uangnya di bank jika terjadi seperti kasus Melinda Dee.
Namun demikian
dibalik semua keuntungan dan keunggulan yang ditawarkan oleh layanan E-Banking
tersebut tetap saja terdapat kelemahan. Maka dari itu tips-tips yang perlu
diperhatikan oleh nasabah penikmat layanan E-Banking adalah :
1. Semua transaksi yang terjadi
dengan menggunakan kartu ATM sudah menjadi tanggung jawab nasabah sepenuhnya.
Oleh sebab itu jangan sekali-kali memberitahukan PIN dan menyerahkan kartu ATM
kepada orang lain, termasuk anggota keluarga terdekat. Karena banyak kejadian,
justru yang menjadi pelaku adalah anak, isteri, suami atau orang yang
sehari-harinya keberadaannya di dekat nasabah itu sendiri.
2. Biasakan mengganti PIN secara
berkala, misalnya seminggu sekali atau paling lama sebulan sekali.
3. Jangan membiarkan Handphone
yang sudah terintegrasi dengan layanan perbankan seperti SMS Banking atau
Internet Banking berpindah tangan ke orang lain, atau diletakkan sembarangan,
sementara PIN anda sudah diketahui atau gampang ditebak.
4. Biasakanlah melakukan logout
pada laptop atau komputer setelah menjalankan transaksi Internet Banking.
5. Lakukan penghapusan message
yang didapat dari transaksi SMS Banking atau Internet Banking.
6. Apabila Handphone atau
SIMCardnya hilang agar segera melaporkan ke pihak bank agar melalui layanan
Call Centre, contoh BRI di 14017 (layanan bebas pulsa). Bank akan segera
memblokir rekening agar tidak terjadi kejahatan perbankan.
Post by : Rony Sutiyanto
No comments:
Post a Comment