--

Thursday 9 October 2014

ACCOUNT OFFICER

Account Officer
Account Officer

Account Officer adalah pekerjaan yang berkaitan dengan dunia perbankan, lebih tepatnya karyawan bank yang berada pada bagian perkreditan, yang memiliki tugas dan kewajiban secara umum adalah mengelola kredit nasabahnya. Fungsi pegawai Account Officer sama dengan Credit Officer, Analisis Kredit, Pelaksana Kredit, Pengelola Kredit. Sebutan sebutan tersebut bisa berbeda-beda sesuai dengan pemberian nama jabatan pada masing masing bank ditempat mereka bekerja.

v  Fungsi Account Officer secara umum sebagai berikut :
1.          Tahap Permohonan Kredit.
Pada tahap ini, Account Officer bertugas sebagai pencari prospek calon debitur untuk memenuhi target kerja yang telah ditetapkan. Kegiatan Account Officer dalam tahap ini sebagai berikut :
            - Memasarkan produk dan jasa bank, khususnya bagian perkreditan.
            - Melayani nasabah atau calon debitur yang mengajukan permohonan kredit.
- Memberikan penjelasan perihal persyaratan dan ketentuan kredit dan membimbing calon debitur untuk melengkapi persyaratan permohonan kredit.

2.          Tahap Pengusulan Kredit
Setelah Account Officer melakukan fungsi pemasaran, maka hasilnya adalah Account Officer memperoleh calon debitur yang ingin mendapatkan kredit bank untuk menambah modal usahanya. Kegiatan Account Officer dalam tahap ini antara lain :
            - Memeriksa kelengkapan persyaratan permohonan kredit
- Membuat analisis kredit termasuk analisis keuangan, menghitung kebutuhan modal kerja dan membuat cash flow untuk mengetahui jumlah investasi yang wajar (untuk permohonan kredit Investasi).
- Melakukan kunjungan setempat (On The Spot) ke lokasi usaha calon debitur, untuk memeriksa jalannya usaha dan sekaligus melakukan verifikasi data keuangan dan usaha calon debitur.
- Memeriksa dan memastikan kebenaran data modal kerja usaha sesuai laporan keuangan antara lain, kas/rek. di Bank, nilai persediaan/stock barang dagangan, piutang/tagihan usaha/proyek, hutang dll.

            - Mengusulkan pemberian kredit.
3.     Tahap Pemberian Failitas Kredit
Setelah melalui proses pemberian kredit dan kredit memperoleh persetujuan untuk direalisasi, maka dengan demikian nasabah dapat segara menikmati fasilitas kredit sesuai dengan kebutuhannya. Kegiatan Account Officer dalam tahap ini adalah :
- Memantau perkembangan usaha debitur sesuai dengan jadwal. Bentuk dan jadwal pemantauan telah ditetapkan sesuai ketentuan masing masing bank, namun pada prinsipnya, disesuaikan dengan tingkat kelancaran pembayaran bunga/pokok kredit atau dikenal dengan istilah Kolektibiliti.
- Melakukan kunjungan setempat (on the spot) untuk memantau jalannya usaha debitur secara periodik.
- Membantu memberikan saran dan penjelasan kepada debitur sehubungan dengan jalannya usaha dan dalam kaitannya dengan aktifitas rekening pinjaman.

4.    Tahap Perpanjangan Fasilitas Kredit.
        Fasilitas kredit, baik itu Kredit Modal Kerja (KMK) maupun Kredit Investasi(KI), masing masing memiliki jangka waktu tertentu. Bila Kredit untuk modal kerja, lazimnya berjangka waktu 12 bulan bisa diperpanjang (Revolving), sedangkan untuk Kredit Investasi disesuaikan dengan periode investasinya.
Oleh karena fasilitas kredit berjangka waktu tertentu, maka setiap jatuh tempo kredit, apabila debitur masih ingin memperpanjang kreditnya, bank akan meninjau ulang failitas kredit yang telah diberikan tersebut apakah masih layak untuk diperpanjang. Dalam proses ini kegiatan Account Officer adalah seperti halnya pada Tahap Pengusulan Kredit diatas.

v  Level Pendidikan Account Officer
      Account Officer yunior, biasanya direkrut oleh bank untuk pegawai baru yang relatip muda, biasanya berusia antara 23-27 tahun yaitu para calon pegawai yang baru saja lulus (Fresh Graduate)  atau yang telah bekerja dengan pengalaman kurang dari 5 tahun. Level pendidikan mereka minimal adalah S1 (S2 lebih diutamakan) dari berbagai disiplin ilmu. Account Officer tidak hanya berlatar belakang dari fakultas ekonomi atau keuangan, ada juga Account Officer yang bergelar Dokter, Dokter Gigi, Dokter hewan, Sarjana Teknik, Keguruan, Hukum dll. Yang diperlukan disini adalah level pendidikannya yang S1, bukan dari disiplin ilmu tertentu.
v  Cara Bank memperoleh seorang Account Officer
      Setelah melalui berbagai test, hingga lulus test wawancara, kemudian pegawai baru calon Account Officer tersebut  dibekali dengan pelatihan dan pendidikan khusus mengenai perkreditan. Lama pendidikan ini bisa mencapai 6 bulan. Dalam masa ini, calon Account Officer harus mengikuti dan menguasai seluruh materi yang diberikan layaknya dalam masa perkuliahan, bahkan untuk melatih kedisiplinan, calon Account Officer juga diberikan latihan kemiliteran.
     Bagi Bank, Account Officer adalah sebagai ujung tombak dalam rangka proses pemberian kredit. Sebagaimana diketahui bahwa bank memperoleh pendapatan antara lain yang dominan adalah dari bunga kredit. Bunga kredit bisa diperoleh bila kondisi kredit dan usaha debitur dalam keadaan baik dan lancar. Oleh karena itu, bank berusaha sebaik mungkin untuk memperoleh para Account Officer, agar dapat melaksanakan tugas dengan baik sehingga dapat menghasilkan protofolio kredit yang baik pula.
Dari uraian diatas, jelaslah bahwa Account Officer memiliki peranan yang sangat penting dalam rangka proses pemberian kredit. Sejak tahap permohonan kredit hingga kredit dikucurkan, tidak bisa lepas dari keberadaan Account Officer.

       Oleh karena itu sebagai konsekuensi, apabila terjadi permasalahan kredit yang mengakibatkan kredit bermasalah (Non Performing Loan) maka tentu saja yang harus mempertanggungjawabkannya adalah  Account Officer.

Baca juga artikel Budgeting untuk menambah wawasan anda tentang Accountant Jobs

source : http://ekonomi.kompasiana.com/wirausaha/2011/03/20/mengenal-lebih-dekat-account-officer-349011.html

No comments:

Post a Comment