Account Officer |
Account Officer adalah pekerjaan yang berkaitan dengan dunia perbankan, lebih tepatnya karyawan bank yang berada pada bagian perkreditan, yang memiliki tugas dan kewajiban secara umum adalah mengelola kredit nasabahnya. Fungsi pegawai Account Officer sama dengan Credit Officer, Analisis Kredit, Pelaksana Kredit, Pengelola Kredit. Sebutan sebutan tersebut bisa berbeda-beda sesuai dengan pemberian nama jabatan pada masing masing bank ditempat mereka bekerja.
v Fungsi Account
Officer secara umum sebagai berikut :
1.
Tahap Permohonan Kredit.
Pada tahap ini, Account Officer bertugas sebagai pencari
prospek calon debitur untuk memenuhi target kerja yang telah ditetapkan. Kegiatan
Account Officer dalam tahap ini sebagai berikut :
- Memasarkan
produk dan jasa bank, khususnya bagian perkreditan.
- Melayani
nasabah atau calon debitur yang mengajukan permohonan kredit.
- Memberikan penjelasan perihal
persyaratan dan ketentuan kredit dan membimbing calon debitur untuk melengkapi
persyaratan permohonan kredit.
2.
Tahap Pengusulan Kredit
Setelah Account Officer melakukan fungsi pemasaran,
maka hasilnya adalah Account Officer memperoleh calon debitur yang ingin mendapatkan
kredit bank untuk menambah modal usahanya. Kegiatan Account Officer dalam tahap
ini antara lain :
- Memeriksa
kelengkapan persyaratan permohonan kredit
- Membuat analisis kredit termasuk
analisis keuangan, menghitung kebutuhan modal kerja dan membuat cash flow untuk
mengetahui jumlah investasi yang wajar (untuk permohonan kredit Investasi).
- Melakukan kunjungan setempat (On
The Spot) ke lokasi usaha calon debitur, untuk memeriksa jalannya usaha dan
sekaligus melakukan verifikasi data keuangan dan usaha calon debitur.
- Memeriksa dan memastikan
kebenaran data modal kerja usaha sesuai laporan keuangan antara lain, kas/rek.
di Bank, nilai persediaan/stock barang dagangan, piutang/tagihan usaha/proyek,
hutang dll.
- Mengusulkan
pemberian kredit.
3. Tahap Pemberian Failitas
Kredit
Setelah
melalui proses pemberian kredit dan kredit memperoleh persetujuan untuk
direalisasi, maka dengan demikian nasabah dapat segara menikmati fasilitas
kredit sesuai dengan kebutuhannya. Kegiatan Account Officer dalam tahap ini
adalah :
- Memantau perkembangan usaha debitur sesuai dengan jadwal. Bentuk dan
jadwal pemantauan telah ditetapkan sesuai ketentuan masing masing bank, namun
pada prinsipnya, disesuaikan dengan tingkat kelancaran pembayaran bunga/pokok
kredit atau dikenal dengan istilah Kolektibiliti.
- Melakukan kunjungan setempat (on the spot) untuk memantau jalannya
usaha debitur secara periodik.
- Membantu memberikan saran dan penjelasan kepada debitur sehubungan
dengan jalannya usaha dan dalam kaitannya dengan aktifitas rekening pinjaman.
4. Tahap Perpanjangan
Fasilitas Kredit.
Fasilitas
kredit, baik itu Kredit Modal Kerja (KMK) maupun Kredit Investasi(KI), masing
masing memiliki jangka waktu tertentu. Bila Kredit untuk modal kerja, lazimnya
berjangka waktu 12 bulan bisa diperpanjang (Revolving), sedangkan untuk Kredit
Investasi disesuaikan dengan periode investasinya.
Oleh karena
fasilitas kredit berjangka waktu tertentu, maka setiap jatuh tempo kredit,
apabila debitur masih ingin memperpanjang kreditnya, bank akan meninjau ulang
failitas kredit yang telah diberikan tersebut apakah masih layak untuk
diperpanjang. Dalam proses ini kegiatan Account Officer adalah seperti halnya
pada Tahap Pengusulan Kredit diatas.
v Level
Pendidikan Account Officer
Account Officer yunior, biasanya
direkrut oleh bank untuk pegawai baru yang relatip muda, biasanya berusia
antara 23-27 tahun yaitu para calon pegawai yang baru saja lulus (Fresh
Graduate) atau yang telah bekerja dengan
pengalaman kurang dari 5 tahun. Level pendidikan mereka minimal adalah S1 (S2
lebih diutamakan) dari berbagai disiplin ilmu. Account Officer tidak hanya
berlatar belakang dari fakultas ekonomi atau keuangan, ada juga Account Officer
yang bergelar Dokter, Dokter Gigi, Dokter hewan, Sarjana Teknik, Keguruan, Hukum
dll. Yang diperlukan disini adalah level pendidikannya yang S1, bukan dari disiplin
ilmu tertentu.
v Cara Bank memperoleh
seorang Account Officer
Setelah melalui berbagai test,
hingga lulus test wawancara, kemudian pegawai baru calon Account Officer tersebut dibekali dengan pelatihan dan pendidikan
khusus mengenai perkreditan. Lama pendidikan ini bisa mencapai 6 bulan. Dalam
masa ini, calon Account Officer harus mengikuti dan menguasai seluruh materi
yang diberikan layaknya dalam masa perkuliahan, bahkan untuk melatih
kedisiplinan, calon Account Officer juga diberikan latihan kemiliteran.
Bagi Bank, Account Officer adalah
sebagai ujung tombak dalam rangka proses pemberian kredit. Sebagaimana
diketahui bahwa bank memperoleh pendapatan antara lain yang dominan adalah dari
bunga kredit. Bunga kredit bisa diperoleh bila kondisi kredit dan usaha debitur
dalam keadaan baik dan lancar. Oleh karena itu, bank berusaha sebaik mungkin untuk
memperoleh para Account Officer, agar dapat melaksanakan tugas dengan baik
sehingga dapat menghasilkan protofolio kredit yang baik pula.
Dari uraian diatas, jelaslah
bahwa Account Officer memiliki peranan yang sangat penting dalam rangka proses
pemberian kredit. Sejak tahap permohonan kredit hingga kredit dikucurkan, tidak
bisa lepas dari keberadaan Account Officer.
Oleh karena itu sebagai konsekuensi,
apabila terjadi permasalahan kredit yang mengakibatkan kredit bermasalah (Non
Performing Loan) maka tentu saja yang harus mempertanggungjawabkannya adalah Account Officer.
Baca juga artikel Budgeting untuk menambah wawasan anda tentang Accountant Jobs
Baca juga artikel Budgeting untuk menambah wawasan anda tentang Accountant Jobs
source : http://ekonomi.kompasiana.com/wirausaha/2011/03/20/mengenal-lebih-dekat-account-officer-349011.html
No comments:
Post a Comment